Hal yang Perlu Dilakukan Jika Imun Lemah

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Sep 20, 2022 | 0 comments


Hal yang Perlu Dilakukan Jika Imun Lemah

 

cara terbaik menjaga daya tahan tubuh

Pandemi COVID-19 saat ini, belum berakhir untuk itulah kamu harus tetap memastikan imun tubuh tetap kuat supaya kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit. Imunitas atau kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan alami tubuh untuk melawan infeksi “benda asing” yang berpotensi mengancam kesehatan, misalnya virus, kuman dan bakteri. Yang otomastis, jika kamu punya imun yang lemah akan membuat virus maupun kuman penyebab penyakit mudah terinfeksi sehingga kamu akan rentan terkena penyakit. Secara umum, imunitas dibagi menjadi tiga macam diantaranya:

  • Kekebalan tubuh bawaan, atau innate immunity adalah kekebalan tubuh alami yang sudah ada sejak lahir untuk melindungi tubuh dari segala jenis infeksi. Contohnya adalah kulit memiliki ketahanan alami untuk melawan kuman supaya tidak mudah masuk ke dalam tubuh
  • Kekebalan tubuh adaptif, atau disebut juga imunitas aktif adalah kekebalan tubuh yang didapatkan seiring berjalannya waktu karena sudah pernah mengalami sakit tertentu atau sehabis menerima vaksin
  • Kekebalan tubuh pasif, adalah kekebalan tubuh “pinjaman” yang diambil dari sumber lain dan bersifat sementara. Misalnya saja bayi bisa mendapatkan zat antibodi dari ASI sehingga lebih kebal terhadap penyakit yang sudah pernah diderita oleh sang ibu, dimana perlindungan ini untuk jangka waktu tertentu.

Selain itu, ternyata kalau sel darah putih, antibodi, dan komponen lainnya, termasuk organ dan kelenjar getah bening, membentuk sistem kekebalan tubuh loh! Agar sistem kekebalan tubuh kamu dapat bekerja dengan baik dan maksimal, perlu melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan. Upaya yang konsisten akan menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan jika imun tubuh lemah diantaranya:

1. Memberi Asupan Sistem Imun

Salah satu cara menjaga daya imun tubuh dengan cara memberi asupan bergizi seimbang. Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan yang kamu konsumsi. Untuk orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dokter umumnya merekomendasikan diet yang kaya akan sayuran dan buah, yang akan memberikan banyak nutrisi. Selain itu,mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa konsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri serta konsumsi sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Bila perlu, kamu dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Kamu juga bisa minum-minuman yang mengandung ekstrak rempah-rempah seperti jahe merah, kunyit, dan temulawak. Jahe merah mampu menjaga tubuh tetap hangat dan menghambat bakteri penurun imunitas. Kunyit bisa mencegah kehilangan nafsu makan, diare, perut kembung. Sedangkan temulawak mengandung zat kurkumin sebagai antiinflamasi yang menghambat peradangan, seperti di tenggorakan.

2. Rajin Berjemur di bawah Sinar Matahari Pagi

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah vitamin D, yang bisa kamu dapatkan dari sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 WIB untuk meningkatkan produksi vitamin D di tubuh. Kamu cukup berjemur selama 10-15 menit saja per sesi, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selalu rutin berjemur setiap hari di pagi hari sebagai cara meningkatkan imun tubuh kamu ya!

3. Tidur Cukup

Ternyata begadang itu memang tidak baik untuk kesehatan, karena itulah kamu harus menghindarinya ya! Karena ternyata salah satu cara untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat kamu h arus tidur yang cukup. Jika kamu kurang tidur maka mengganggu produksi normal sel darah putih, komponen penting dari sistem kekebalan tubuh danbiasanya akan memiliki resiko lebih tinggi terserang influenza atau infeksi lainnya. Untuk itulah, orang dewasa disarankan untuk tidur dengan durasi yakni 7-9 jam tiap malam demi kesehatan tubuh sedangkan untuk remaja dan anak-anak 9-10 jam.

4. Rajin Berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lain adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga memang kebiasaan baik yang perlu dilakukan karena kamu bisa mencegah berbagai penyakit dengan rutin olahraga. Segudang manfaat olahraga bagi kesehatan, seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan risiko osteoporosis (keropos tulang). Selain itu, olahraga dapat merangsang kerja antibodi dan sel-sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi melawan berbagai kuman penyebab penyakit. Untuk itu, sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit. Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang bisa membantu tubuh meredakan stres dan memperkuat otot dalam tubuh. Olahraga sedang ini seperti bersepeda, jogging, berenang, hingga lompat tali. Untuk kamu yang ingin sistem pernapasan lancar bisa rutin olahraga supaya bakteri yang ada di paru-paru keluar.

5. Kelola Stress

Stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol, untuk itu penting sekaali untuk mengelola stress. Kelola tingkat stres dengan mengetahui hal-hal atau tindakan apa yang dapat membuat suasana hati kamu menjadi positif. Miliki tips ampuh mengelola stres agar produksi kortisol tidak meningkat. Contoh cara mengelola stres yaitu memiliki hobi, berolahraga, bertemu dengan teman, mengeluarkan unek-unek, melakukan perawatan diri, dan sebagainya. Selain itu, ternyaata stress secara berlebihan juga bisa menyebabkan peningkatan infeksi dan pulih lebih lama dari penyakit yang diderita.

6. Jaga Kebersihan Diri

Cara lainnya yang bisa menjaga dan meningkatkan daya imun tubuh kamu pastinya dengan menjaga kebersihan diri. Menjaga kebersihan diri berarti rajin membersihkan diri alias mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, mencuci tangan, serta mengganti pakaian. Dengan menjaga kebersihan diri, kamu bisa mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain, baik melalui kontak langsung atau secara tidak langsung. Selain itu, kamu bisa mempraktikkan kebersihan yang baik, termasuk mencuci tangan sesering mungkin.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup selain baik untuk kesehatan juga bisa sebagai cara meningkatkan imun tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik ternyata bisa membuat kita tidak mudah sakit. Walaupun sebenarnya tubuh yang terhidrasi dengan baik tidak sepenuhnya mampu melindungi bakteri dan virus, tetapi bisa menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Untuk itulah kamu dianjurkan untuk minum 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap harinya, bisa berupa air putih dingin maupun hangat.

 

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami daya imun tubuh yang lemah ada baiknya semua hal yang telah disebutkan diatas dilakukan secara rutin. Karena ketika daya tahan tubuh sudah lemah, siap-siap kamu untuk mengalami berbagai masalah kesehatan. Sebaiknya kamu mencegah bukan, daripada harus mengobati.

 

 

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang