Mengenal Urutan Basic Skincare

Posted By Khoirun Nisa Achmad on Sep 13, 2022 | 0 comments


Mengenal Urutan Basic Skincare

 

rekomendasi skincare untuk pemula

Apakah kamu ingin memiliki kulit wajah yang selalu terlihat sehat, cerah, dan berseri, meski usia semakin bertambah? Tidak perlu melakukan perawatan wajah yang cukup ribet. Mulai saja dari basic skincare terlebih dahulu. Basic skincare adalah urutan penggunaan produk skincare yang paling mendasar yang disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing produk perawatannya.

Sebelum menggunakan rangkaian skincare rutin yang panjang, dianjurkan kepada siapapun untuk mengetahui pentingnya basic skincare dalam perawatan kulit wajah. Basic skincare adalah rangkaian skincare sederhana yang mendasar untuk kebutuhan kulit. Rangkaiannya terdiri dari cleanser, toner, moisturizer (pelembab), dan protection (sunscreen) atau biasa disingkat CTMP. Tahapan ini perlu dilakukan secara rutin supaya kesehatan kulit wajah kamu dapat terlindungi dengan baik dan membuat wajah cerah, lembab dan sehat.

Sebelum melakukan tahap basic skincare, kamu harus terlebih dahulu memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah supaya hasilnya maksimal dan semua masalah wajah kamu bisa diatasi dengan baik. Untuk lebih jelasnya mengenai tahap-tahapan basic skincare ada baiknya kamu simak artikel berikut ini!

1. Cleansing

Tahap urutan basic skincare yang pertama adalah cleansing yang artinya kamu harus membersihkan wajah kamu dari berbagai debu, kotoran setelah seharian beraktivitas dengan facial wash. Gunakan produk facial wash yang memiliki tekstur lembut. Hindari penggunaan facial wash yang memiliki kandungan alkohol, parfum dan paraben agar kulit wajah tidak iritasi. Karena facial wash yang berguna membersihkan kulit lebih dalam, menghilangkan keringat, serta bakteri dan sel-sel kulit mati. Atau jika kamu merasa kulit wajah kamu terlalu kotor kamu bisa melakukan metode double cleasing supaya kotoran yang menempel. Jika kamu menggunakan makeup ada baiknya kamu gunakan terlebih dahulu makeup remover supaya makeup kamu terangkat baru setelahnya membersihkan wajah dengan facial wash maupun facial foam ya! Tahap ini, sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan dengan baik supaya wajah kamu bersih maksimal dan memungkinkan produk perawatan kulit lainnya dapat meresap lebih efektif.

2. Toning

Setelah membersihkan wajah dengan facial foam atau sabun pencuci muka, pasti wajah akan terasa kesat dan terasa kering. Untuk itulah, kamu setelahnya bisa gunakan toner untuk melembabkan wajah dan mengangkat sisa kotoran yang tidak habis terangkat pada saat mencuci wajah. Selain itu, guna menggunakan toner lainnya yaitu: untuk menyeimbangkan pH kulit, dan mempersiapkan kulit untuk menyerap skincare selanjutnya dengan optimal. Ada info penting nih, jika kamu memiliki kulit yang rentan jerawat, carilah toner dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menenangkan jerawat. Sementara jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, pilihlah toner yang menghidrasi kulit wajah.

3. Moisturizing

Tahapan selanjutnya yangtermasuk skincare basic adalah menggunakan moisturizing dengan menggunakan pelembab baik siang dan malam akan membuat wajah kamu lebih lembab dan jika memilih jenis pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu akan mengurangi risiko masalah kulit. Pelembab juga bisa mengontrol produksi minyak, menguatkan lapisan kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Moisturizer, tidak hanya digunakan oleh pemilik kulit kering, moisturizer juga dibutuhkan oleh semua tipe kulit karena bisa menghidrasi kulit dan membuatnya terlihat sehat. Ada baiknya jika kamu memiliki kulit yang berminyak lebih baik gunakan moisturizer berbahan lotion daripada krim dan jika kulit cenderung kering, pelembap berbahan krim lebih cocok dipakai karena kandungan minyaknya cenderung lebih tinggi. Saat memilih pelembab selain harus sesuai dengan jenis wajah, kamu juga harus melihat terlebih dahulu komposisi skincare yang kamu gunakan jangan sampai mengandung bahan kimia seperti merkuri ya, karena bukannya malah membuat wajah kamu cantik, malahan akan membuat masalah kulit jangka panjang. Untuk kamu yang masih pemula ada baiknya menggunakan pelembap yang bisa digunakan untuk pemula adalah pelembap yang tidak mengandung bahan aktif, seperti centella asiatica, ekstrak lidah buaya, ekstrak bunga chamomile dan semacamnya yang mengandung bahan alami sehingga aman untuk digunakan jangka panjang.

4. Protecting

Tahapan yang terakhir dari skincare basic adalah dengan melakukan protecting, kamu bisa menjaga dan melindungi kulit kamu dengan menggunakan sunscreen yang mengandung SPF. Soalnya, saat beraktivitas baik di luar, maupun di dalam ruangan, kulit dapat terpapar sinar UV A dan UV B. Apabila kulit wajahmu terpapar sinar matahari terus-menerus tanpa perlindungan, akibatnya kulit bisa mengalami tanda-tanda penuaan, seperti kusam, keriput, dan sebagainya. Untuk itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA++ agar wajah terlindungi secara optimal setiap harinya. Apapun jenis kulitmu, baik itu berminyak, kering, ataupun sensitif, kamu harus selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Karena apapun, skincare yang kamu gunakan jika tidak menggunakan sunscreen sama saja akan sia-sia walaupun skincare kamu harganya mahal sekalipun. Untuk itu, gunakan 30 menit sebelum menggunakan riasan atau sebelum keluar rumah. Kemudian ulangi pemakaian tabir surya setiap 4 jam sekali. Cara aplikasinya sangat mudah, oleskan produk sunscreen secukupnya ke permukaan wajah sambil memijat dengan gerakan memutar perlahan.

 

Nah, itulah beberapa tahapan dari basic skincare yang perlu diterapkan sesuai dengan urutan supaya hasil dari penggunaan skincare bisa maksimal dan wajah kamu bisa tetap cerah, lembab, dan sehat pastinya. Selalu gunakan skincare alami ya, gunakan saja skincare Batrisyia Herbal! 

 

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Assalammu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?
Kirim pesan sekarang